Postingan

Happy Iedul Fitri 1439 H

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim

Dear everyone, do you believe in the power of du'a?
For me, I do believe it!!

Hari ini, 1 Syawwal 1439H, aku kembali membuktikan bahwa tidak ada satu pun do'a yang tidak Dia dengar. Tidak ada.

Dia mampu mengubah hal yang bahkan bagi kita tidak mungkin terjadi.
Dia Yang Maha Lembut dan melembutkan hati manusia.

Ketika kita meminta, dan kita yakin tidak ada yang dapat membantu kita seain Allah, aku yakin do'a itu akan dikabulkan.

Jika engkau meminta, mintalah kepada Allah, jika engkau memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah

Aku sungguh berterimakasih kepada Allah, 6 tahun lalu, masjid ini bukan apa-apa dibandingkan hari ini, dan aku yakin, yang mengizinkan masjid ini begitu hebat adalah Allah, karena Dia ridha, karena Dia mengizinkan.

Dan aku sungguh, berterimakasih kepada-Nya. Aku pernah menangis, pernah meminta untuk menghentikan aku dari sifat kecanduanku terhadap instagram. Dan yaa...benar, do'a itu dikabulkan, for accidentaly, akun raziza…

Cintailah dengan Ittiba'

Gambar
CINTAILAH IA DENGAN ITTIBA’…
.
Aan Chandra Thalib حفظه الله تعالى (@act_elgharantaly)
.
Rasulullah..
Kelahirannya berarti kelahiran sunnah dan risalahnya.
Sehingga kapan saja engkau mengamalkan sunnahnya, saat itulah engkau merayakan kelahirannya.
.
Namun bila engkau meninggalkannya apalagi merendahkannya, maka cintamu takkan berarti, meski kau larut dalam bait pujian di malam kelahirannya.
.
Cintailah ia dengan ittiba…
Ingatlah dia bersama jenggot yang engkau biarkan tumbuh..
Bersama pakaian yang tak kau biarkan menjulur melewati mata kaki..
Dalam shalawat yang terucap setiap kali namanya disebut.
Dalam senyum tulus untuk saudaramu saat bertemu.
Bersama ayunan langkah menuju masjid untuk sholat berjamaah.
Disaat menaiki kenderaan dengan do’a yang pernah dia ajarkan dulu..
.
Cintailah ia seperti yang dia inginkan..
Dengan sunnah yang diajarkannya bukan dengan bid’ah yang dicelanya.
.
Saya pernah mendengar sebuah ungkapan indah tentang konsekuensi cinta.
.
لَوْ كَانَ حُبُّكَ صَادِقاً ل…

Menulis

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim

Hari ini, Alhamdulillah much better dari hari ahad-ahad sebelumnya. Mengapa?

Pertama
Mungkin udah mulai biasa aja. Mulai terbiasa lihat undangan orang lain nyebar, mulai biasa lihat temen duluan nikah, which is akhirnya aku sampai pada titik bahagia melihat orang lain bahagia. Aku pada titik menyadari bahwa pada akhirnya semua akan sampai pada waktunya. Toh ga ada hal yang perlu aku khawatirkan. Rezekiku telah ada yang menjamin, tetapi amalku? Tidak ada yang menjamin amalku diterima atau tidak.
Hey kenapa harus sedih? BERBAHAGIALAH! Karena ada jutaaan alasan untuk berbahagia.

Kedua
Karena hari ini ada meet up kelas kepenulisan. 🎉🎉🎉
Mau cerita dikit tentang apa yang aku dapet hari ini. Kelas kepenulisan ini diadakan oleh @nulisyuk untuk membedah buku antalogi "Welcome to Becoming Writer" which is salah satu tulisannya adalah tulisanku. Alhamdulillah.
Hari ini diceritakan perjalanan founder @nulisyuk dalam menulis. Dimana dia suka berbicara dengan d…

Selesaikan

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim

"Wah salah emang nempatin Rahma di situ," kata Alfi pagi ini setelah aku menceritakan "ulah" ku di jurusan Akuntansi.

"Iya haha, orang yang kepo berat kayak aku ditempatin di jurusan Akuntansi, ya pasti aku cari-cari file tentang angkatan kita." imbuhku membenarkan.

Pagi ini, sebuah file yang selama ini aku cari akhirnya ketemu. Peringkat kelulusan Akuntansi 2014. Pertanyaan ketika lulus aku peringkat berapa pun telah terjawab.

"Jadi ya fi, aku lagi berusaha ngumpulin hal-hal yang berkaitan sama angkatan kita, siapa tau aja suatu saat berguna. Aku udah nemuin ME IN STAN jaman kita, dan lagi usaha ngumpulin file IP dari semester 1-6."

"Wah sip bagus, bagus, kalau yang itu emang ga salah kamu ada di situ."

"Jadi, selama aku masih di jurusan Akun, ada file titipan yang mau dicari? wkwk."


Lewat acara BPPK hari ini aku sadar. Dimanapun penemapatan nanti, akan ada orang baik disekelilingku. Pun jikalau tida…

Perbincangan pekan ini

Pekan ini adalah pekan Ujian Nasional untuk anak SMP. Ada suatu hal yang mengharukan yang aku dengar sendiri di ruangan jurusan Akuntansi.

"Halo, kakak," ucap laki-laki itu dengan nada gembira menunggu balasan dari seseorang yang ia telepon.

"Kakak, gimana tadi ujiannya?"

"Kakak sekarang istirahat ya, nanti ngerjain soal lagi dan soal yang ga bisa, jawabannya nanti dicari bareng-bareng sama Ayah."

Benar, tak sedikit pun aku bisa mendengar balasan telepon dari seseorang di seberang sana. Tetapi, perbincangan ini begitu mengharukan bagiku. Seorang ayah yang menelepon gadisnya yang baru saja selesai UN di hari pertama. Seorang ayah dengan berbagai macam kesibukan dan berjanji akan menemani untuk belajar bersama.

Laki-laki itu kemudian mendekat kepada kami para staff, kemarin. Menceritakan betapa sulit mencari sekolah yang berkualitas di era ini. Dilema sekolah bagus dan jarak tetap tak terpungkiri. Iya, aku mengerti, tak akan mudah melepas seorang anak perem…

Pindah

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim

Pindah.
4 tahun lalu, tanah ini begitu asing, begitu menyeramkan bagiku.
Pindah dari kota kelahiran ke tanah yang tidak aku ketahui.
Aku menyebutnya tanah rantau. Tanah yang kemudian kupilih dan aku berusaha mencintainya.
Bintaro, butuh waktu satu semester bagiku untuk berdamai bahwa aku harus bertahan dan betah. HARUS.
Butuh waktu tiga semester untuk mengutak-atik kamarku hinga benar-benar menjadi tempat yang super duper nyaman.



Benar, cinta tumbuh karena terbiasa. Bintaro yang menyeramkan lambat laun menjadi tempat yang nyaman. Sangat nyaman malah dan saat ini menjadi zona nyamanku.
Bintaro benar-benar rumah kedua setelah Surabaya. Ada orang-orang terkasih dan tersayang yang ada disini. Ada tempat-tempat yang punya alasan untuk dikunjungi. Ada keluarga yang memang tak sedarah tetapi memiliki ikatan batin yang baik.
Kemarin, barulah aku menyadari. Pindah itu sulit. Bukan, bukan perihal biaya. Tetapi adalah perihal meninggalkan hal yang telah membekas di hati.…

Anak-Anak

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

Tadi di jalan tiba-tiba kepikiran nama anak.
Sebenernya udah dari lama, nanti kalau punya anak laki-laki, ingin kasih nama Abdullah dan atau Abdurrahman, walau nama panjangnya belum terpikir.

Mengapa?

Nama Abdullah dan Abdurrahman berdasarkan hadits yang diriwayatkan Muslim dalam Kitab Shahihnya dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, إِنَّ أَحَبَّ أَسمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ عَبدُاللَّهِ وَ عَبدُ الرَّحْمَنِ “Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.” (HR. Muslim no. 2132) Karena nama tersebut adalah nama terbaik, sampai-sampai di kalangan para sahabat terdapat sekitar 300 orang yang bernama Abdullah. sumber: muslimah.or.id -------------------------------
Nah kalau punya anak perempuan ingin kasih nama Azizah Abida Hanifah dan atau Hafshah Abida Hanifah.

Mengapa Azizah dan Hafshah? Suka banget sama kedua nama itu.

Azizah. Suka banget…