Pages

Wednesday, December 22, 2010

Haid dan Akhwat

Assalamualaikum

Teman teman yang dirahmati Allah,adalah suatu anugerah yang besar bagi seorang wanita yang telah menginjak remaja dan mengalami haid. Mengapa? Haid merupakan penanda bahwa seorang remaja putri telah baligh dan penanda bahwa ia tidak sakit/normal. Nah,bagi teman – teman yang merasa bahwa haid menghalangi kita untuk beribadah, rubahlah paradigma itu. Tidak semua ibadah dilarang ketika kita haid kok. Oleh karenanya,pada kesempatan kali ini,saya akan memberi informasi bagaimana caranya tetap dekat dengan Allah dalam keadaan haid.

Sebelumnya,ingatlah teman! Haid bukan hal yang sepele. Karena ini menyangkut ibadah kita kepada Allah S.W.T

Haid merupakan ketetapan dari Allah S.W.T. lamanya haid,paling pendek adalah 3 hari 3 malam dan terpanjangnya 15 hari. Waktu minimal suci diantara 2 haid adalah 15 dan tidak ada batas maximal suci dari haid.

Darah yang mengalirpun,tidak selalu mengalir terus – menerus selama masa haid. Kadang darah terhenti,lalu dihari berikutnya mengalir lagi. Nah,berkenaan dengan masalah keluarnya darah haid tersebut,ada satu kunci yang memudahkan kita untuk menentukan darah haid atau bukan.

Bedasarkan kondisinya,perempuan yang mengalami haid terbagi atas tiga golongan :

1. Pemula

• Perempuan yang baru mengalami haid tetapi mempunyai masa hadi yang tidak teratur
• Maka,wajib baginya untuk berhenti dari shalat,puasa sampai datangnya masa suci.
• Jika darah yang keluar lebih dari 15 hari,maka wajib untuk mandi besar.
• Jika terputus darahnya selama masa 15 hari,misalnya dia melihat darah satu atau dua hari,kemudian berhenti an terus berulang seperti itu maka baginya untuk mandi dan shalat setiap bersih dari haid dan berhenti dari shalat,puasa,dan amalan lain yang dilarang selama darah keluar.

2. Bagi yang sudah memiliki kebiasaan(waktu haid yang tetap dan teratur)

• Jika melihat keluar warna kuning atau keruh setelah di luar waktu kebiasaan haidnya maka tidak dianggap darah haid. Seperti yang diucapkan seorang shahabiyah(sahabat nabi yang wanita)
“dari Ummu Athiyah,ia berkata:kami tidak menganggap warna kuning atau keruh sebagai darah haid setelah datangnya masa suci”
• Namun,jika melihat warna keruh atau kuning selama berlangsungnya masa haid,maka tetap berlaku hokum haid baginya.

3. Perempuan yang darahnya keluar diwaktu kebiasaan haidnya dan umumnya disebut darah penyakit

• Jika seorang perempuan sudah mu’tadah(bagi yang sudah punya kebiasaan) sebelum keluarnya darah istihadah maka dia tetap shalat dan puasa selama masa keluarnya darah istihadah tersebut
• Jika bukan mu’tadah dan lupa bilangan hari haidnya dan tidak mampu membedakan warna darahnya,terkadang hitam dan terkadang merah,maka ambilah warna hitam sebagai ukuran darah haid sebagaimana Hadits Rasulullah kepada Fatimah binti Hubaisy
• Jika tetap tidak mampu membedakan warna darah,maka merujuk pada kebiasaannya,yaitu enam atau tujuh hari kemudian mandi dan shalat walau darah tetap mengalir.

Macam – macam darah haid:

a. Hitam
Sesuai hadits Rasulullah kepada Fatimah binti hubaisy yang ketika itu sedang haid
“warna darah haid adalah hitam. Jika terdapat darah yang seperti itu,berhentilah mengerjakan shalat!jika tidak demikian,maka berwudulah dan shalatlah karena ia hanyalah penyakit”
b. Merah,warna asli darah
c. Kuning,air yang Nampak seperti nanah kekuningan
d. Keruh,pertengahan antara warna putih dan hitam seperti air yang kotor

Hati manusia selalu mudah dibolak balik dan berubah ubah. Terkadang suasana hati penuh kekhusyukan dan tak jarang mals untuk beribadah. Untuk menjaga kemantapan hati dan keimanan serta menjayhkan dari amalan syetan,maka laukan amalan – amalan yang diperintahkan.

Namun dalam kondisi haid,ibadah utama seperti shalat,puasa dan mengaji dilarang untuk dilakukan. Eitss..jangan salah,masih banyak amalan lain yang bias dilakukan perempuan haid untuk mengindari kekosongan jiwa karena ibadah yang dilarang dilakukan. Diantaranya adalah :

1. Berdoa
Berdoa tidak mensyaratkan kesucian tubuh dari hadats besar maupun kecil. Bahkan,doa ini sebenarnya adalah inti dari ibadah. Panjatkan doa dengan keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah S.W.T. namun jika belum terkabul,jangan bersedih. Mungkin Allah menunda dan mungkin akan dikabulkan di akhirat. Bahkan,memanjatkan doa sendiri adalah tabungan pahala.

2. Istighfar
Dalam banyak ayat Allah memerintakan kita untuk selalu memohon ampun kepadanya

سبح بحمد ربك واستغفره إنه كان توابا
Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya dia adalah Maha Penerima taubat.(An - Nash ayat 3)

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالإبْكَارِ
 “Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.”(Al Mu'min ayat 55)

dalam keadaan haid maupun suci,semestinya ucapkan istighfar berulang – ulang. Tentu dengan disertai pemahaman akan makna permohonan ampun dan berjanji tidak mengulangi


3. Zikir
Zikir atau banyak mengingat Allah adalh amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. kondisi haid,tidak menghalangi perempuan untuk selalu berzikir mengingat Allah dalam berbagai kesempatan. Banyak sekali bacaan zikir yang dapat kita amalkan seperti tasbih (subhanallah),tahmid (Alhamdulillah), takbir(Allahu Akbar),tahlil (Laa Ilaaha Illallah),dsb

4. Membaca shalawat Nabi
Allah memerintahkan kita untuk bershalawat kepada Rasulullah,sebagaimana Allah sendiri dan seluruh malaikatpun bershalawat kepadanya (Al- Anzhab 56)

5. Mendengarkan tilawah Al – Quran
Disaat kita dilarang untuk membaca Al – Quran,mendengarkan orang yang membaca Al – Quran punakan mendatangkan pahala.
وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُواْ لَهُ وَأَنصِتُواْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ 
Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat(Al - A'raf  204)

Saat ini begitu banyak jalan yang mempermudah kita untuk mendengarkan bacaan Al – Quran. Tidak harus dari orang yang membaca langsung,tetapi dari radio,TV maupun MP3 juga diperbolehkan.

6. Mendengarkan atau menghadiri majelis ilmu
Dalam kondisi haid,aktivitas ini tentu tetap harus dilakukan. Tidak ada alas an untuk mengabaikan kajian – kajian keislaman rutin yang biasa diikuti karena haid. Bukan hanya ilmu yang didapat dengan menghadiri majelis ilmu tersebut,tetapi juga membpererat tali silaturahmi.

7. Mengulang hafalan Al – Quran
Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengeluarkan fatwa “dibolehkan bagi wanita haid untuk membaca Al – Quran jika ada keperluan. Misalnya dia seorang guru yang membaca Al – Quran untuk pengajaran,atau ia seorang pelajar yang membaca Al – Quran untuk belajar,atau dia mengajar untuk anak – anaknya yang masih kecil atau sudah besar dan dia menyampaikan atau membacakan Al – Quran di depan mereka. Yang penting adalah jika ada kebutuhan bagi wanita untuk membaca Al – Quran maka itu boleh dan tidak mengapa. Begitu pula jika dia khawatir lupa maka membacanay merupakan upaya untuk mengingatkan maka itu tidak mengapa walu dia dalam keadaan haid.


8. Berbuat baik kepada sesama muslim

Nah,teman – teman,sudah cukup jelas bahwa haid merupaka anugrah yang wajib kita syukuri. Karena disinilah letak keistimewaan perempuan. Dalam keadaan haidpun,kita tetap bias dekat dengan Allah dengan menjalankan amalan – amalan diatas.

Sekiranya,hanya itu yang dapat saya informasikan. Sesungguhnya kesempurnaan adalah milik Allah dan kesalahan milik saya sendiri. Terima kasih (:
Wassalam.

Lost In Grand City


Assalamualaikum
Ogenki desu ka?
Ahlan wa sahlan?
How are you?
Piye kabare?
Hari ini,20 desember 2010. Ada apa ya kira kira?himitsu,hehehehe. Banyak cerita seru kok,baca yaaaa
Hari ini,aku kabur dari sekolah(sebenernya gak kabur juga sih,emang udah boleh pulang) jam 13.14.. nah,aku gak langsung pulang,tapi menuju suatu tempat.sendiri,tanpa ada yang menemani*apa sih*
Berhubung ini hari terakhir,aku sempat2in deh..
Dengan bermodal uang Rp.100.000 aku berniat pasang body skin laptop,karna kasian banget tau gak laptop ku,sering kena goresan tangan,jadi gak mengkilat. Makanya aku sudah bertekat jauh2 dari rumah menggoyong lap top yang sangat berat di punggung untuk pasang body skin.
Ini kali pertama aku jalan2 ke mall sendiri bawa motor. Rada ribet sih,soalnya aku yang harus ngeluarin STNK *biasa aja deh*
 ini yang akan aku kunjungi,hehe ada gambar bayinya
Habis parkir(parkirannya serem deh,jalannya turun kayak gunung,wiiiing),aku menuju lantai 1,disana udah ada mbak mbak cantik bawa selebaran laptop dan HP. Aku menuju penjualan tiket. 1 tiket Rp.5000. nah,disitu aku ketemu temen SMP ku,namanya Yara. Alhamdulillahnya,dia sekarang berkerudung.
Habis itu,aku nitipin tas tenteng yang isinya buku pelajaran *wosos,padahal sekolah gak ada pelajaran,tetep aja bawa buku*, nomor titipannya 25. Hari lahirku,hehe*terus lapo*
Terus,aku nyerahin tiket masuk ke pak satpam
Pak satpam         : “bawa lap top dek?”
Aku                        : “iya pak”
Pak satpam         : “tulis keterangan dulu ya dek,nanti kalau mau keluar,serahin keterangan ini ke pak yang jaga disana”
Aku                        : “Oh..oke pak”
Bagus sih niatnya,biar gak ada kecurigaan mencuri lap top
Setelah surat keterangan(kayak apa aja) ditanda tangani pak satpam,aku muter muter cari body skin. Sumaph aku pusing. Sejauh mata memandang hanya ada benda kecil banyak tombolnya atau TV yang tombolnya juga banyak,hehehe.
Nah,akhirnya sampailah aku pada suatu stan yang ramai. Disana ada body skin yang gambarnya kung fu panda!!!
Aku                        :”pasang body skin sampai berapa mbak?”
Mbaknya             :”Yang paling murah itu Rp.120.000 dek”
Buseeeet,langsung shock. Duniaku yang tadinya cerah secerah mentari(apa sih) tiba tiba suram. Langsung cari akal buat kabur dari tempat itu,hehehehe
Mbaknya             :”jadi dek?”
Aku                        :”Oh..gak mbak,kebetulan saya gak bawa lap topnya,jadi kapan kapan aja”
Langsung kabur
Bo’ong banget!!jelas2 tasnya gede segitu,isinya apa kalu bukan lap top?!
Batinku,gak mbelani mbak,larang se

Nah,tak berapa lama,aku sampai di stan yang ada tulisannya

Wah,duniaku kembali cerah.
Mbakmbak         :”ini dek,silahkan dipilih gambarnya”
Oke,untung banget deh rasanya kalau beli disini. Harganya Rp.90.000 ,gambarnya lebih banyak,dapet pelindung LCD sama touch screen. Untung banget kan..
Masalah mulai muncul waktu aku pilih pilih gambar.
Ya ampun,gambarnya unyu unyu :3
Rasanya semua gambar berkata “ayo rahma,pilih aku,maka aku akan menghiasi lap top mu sepanjang hari”. Jadi gak tega deh,muahahahahaha
Terus,setelah setengah jam bolak balik halaman,aku milih gambar ini
 Lucu banget kan? :3
Dan sedihnya,JENG..JENG..JENG..JENG..
Gambar itu udah haaaabiiiiiiiiiis,hua hua hua hiks
Saking banyaknya pilihan,aku sampai minta mas2 yang jaga stan bantuin milih
Mas2     :”ini gak mau dek?” nunjuk gambar bunga warna ungu item
Aku        :”gak mas”
Mas2     :”nah,ini dek bagus..” nunjuk gambar kucing putih background merah
Aku        :”ah,jelek mas,kayak anak cewek” (lho?emang aku ini apa?)
Masnya nawarin banyak gambar dan paling paling aku juga nolak dengan komentar “alay mas”,”terlalu hitam”,”terlalu cewek”,”terlalu cowok”,”lebay gambarnya”,dll. Masnya sampai pusing tujuh keliling.
 Ini beberapa gambar yang juga mau aku pilih
Akhirnya,karena waktu telah menunjukkan pukul 15.20,aku harus cepat cepat menentukan pilihan karena belum sholat*wee,alim*
Setelah banyak gambar tereleminasi(kayak AFI aja),pilihanku jatuh pada dua gambar ini
Disinilah penetuan yang paling sulit,antara piano atau warna hijau.
“piano aja dek,kan matching sama lap topnya,sama sama item” rayuan maut masnya
“yang warna hijau aja dek,hijaunya kalem,lucu lagi” saran mas yang satunya
Akhirnya aku memutuskan *saat yang mendebarkan tiba*
Pilihanku jatuh padaaaaa…………..
PIANO
Masnya udah mulai pasang pasang. “eh mas,tunggu bentar,jangan dipasang dulu. Aku mau nentuin lagi yang mana”,aku mulai bimbang lagi.
Haduuuuuuuuuuuh,rasanya ada banyak orang yang membisikan piano dan tidak sedikit orang yang membisikkan hijau.
“oke deh mas,ganti aku mau yang hijau aja”, “yakin dek?” haduh masnya malah nanya gitu,bikin orang gak yankin aja
“yakin 100%”
Terus,karna aku mau shalat,aku dipinjemi card ID buat keluar,biar bisa masuk lagi,hehehe
Nah,musholanya ada di deket parkiran

.
Masalah utama muncul waktu aku sadar mukenaku ada di tas tenteng. Di situ aku bingung setengah mati
“lho?bukannya aku tadi bawa tas tenteng ya?sekarang dimana ya?” paling juga di stan mas tadi,pikirku. Aku balik deh,teru Tanya “mas,lihat tas tenteng gak?isinya buku pelajaran”, “wah,nggak dek,coba aja cari di sekitar sini dulu”.
Setelah cari di sekitar stand an gak ketemu,aku langsung panic. Ya Allah kemana perginya tas  ku?
Aku balik lagi ke tempat yang jual body skin mahal
“mbak lihat tas tenteng isi buku pelajaran gak?”, “lho,tadi adek naruh dimana?”,”disini mbak” padahal aku juga kurang yakin kalau aku naruh disitu.
Mbaknya dan pegawai lain kut panic. Kayaknya mereka takut disalahkan. Karena gak tega dan kayaknya emang bukan disitu,aku pamit cari ke tempat lain.
Aku balik ke pak satpam. Mungkin aja,waktu aku nulis surat keterangan,tasnya aku geletakin dan gak aku bawa.
“pak,lihat tas tenteng isi buku pelajaran gak?”
“tas tenteng?gak dek”
Aku sudah sangaaaaaaaaaat panic,ya ampun dimana terus?
“kenapa adek tadi gak nitip aja ke saya?”
Tiba-tiba,kata kata itu langsung seperti memberi pencerahan ke arah ku(apaan sih)
Gimana sih rahma,tasmu tadi kan kamu TITIPin ke tempat penitipan.
Yah,setelah membuat beberapa orang panic,aku menuju tempat penitipan dan menemukan wujud tasku. Alhamdulillah

Selesai sholat,aku balik lagi ke stan. Lap top ku udaah hamper selesai.
Nah akhirnya selesai juga,bagus kan…
 rada gak jelas sih,tapi aslinya bagus kok
Ternyata jalan – jalan sendiri itu ada enaknya d nada gan enaknya. Enaknya kita gak terikat waktu,mau milih seberapa lamapun monggo. Gak enaknya,gak ada yang ngingetin atau bantu milihin.
Hahahaha,semoga efek pikun ku gak nyebar ke kalian yaaaaaaaaaa. Jangan sampai bikin banyak orang panic gara gara kamu kurang teliti.

Saturday, December 18, 2010

Bakuriya-san

Hmm..postingan kali ini aku tujukan untuk kakak,my inspiration


Kakakku (biasa panggil mas) bernama Ahmad Fakhry Himawan. Lahir di Madiun,21 September 1991. Besar di Surabaya. Masa remaja di Tulungagung dan sekarang di Jakarta.
*kemaruk ancen,hihi*
Imut kan? iya,aku yang imut maksudnya,hihi ;p


Dulu dia memanggilku rahmon (karena dulu jaman – jamannya digimon,jadi dengan kata lain aku adalah monsternya). Terus setiap ahad pagi,aku selalu dikalahkan untuk nonton kartun kesukaannya. Jadi jangan kaget kalau aku mudeng diajak ngomongin Digimon,Pokemon,Monster rancher,Ghost at School,Yu Gi Oh!,One Piece,Inuyasha dll yang sek akeh

Seneng deh waktu masih kecil itu,aku sama masku sering berantem. Padahal aku yang nggarai. Tapi mesti masku yang akhirnya ngalah gara – gara aku nangis terus ibukku marah *hehe,piis mas*

Senengnya lagi,masku seneng nggambar dan main PS. Jadi aku sering digambarin tokoh – tokoh yang Digimon dan aku jadi mahir main PS. Sampai sekarang,kalau masku pulang ke Surabaya,hobinya tetep main PS. (padahal udah kuliah)
Pernah waktu masih kecil,aku males puasa. Terus masku yang sudah agak besar(waa sebesar apa?hehehe) bilang gini

“aku mau main game PS *****(sensor) sampai tamat,asal kamu mau puasa penuh”

Nah,berhubung aku doyan banget sama game itu tapi gak bisa mainnya,aku iyain aja perjanjian itu. Jadi deh,aku puasa penuh*dasar anak kecil,selalu ada maunnya*

Tapi..hiks hiks(waa..sudah mulai memasuki kisah yang sedih)

Masku pindah ke Tulungagung waktu kelas 1 SMP. Jadi deh aku main PS sendiri. Sebenernya ada senengnya juga sih,karena TV bisa selalu aku maksimalkan. Tapi sedihnya.aku tinggal berdua aja sama Ibuk.

Terus waktu kelas 3 SMP,masku dapet danem tertinggi di sekolahnya lhoo *sombong2 dikit xp*

Awalnya masku mau pindah lagi ke Surabaya. Tapi masku tetap memilih melanjutkan di Tulungagung. Karena danemnya kurang koma buat masuk SMALA!!(SMA ku tercinta :DD)
Jadi,3 tahun berikutnya dia sekolah di SMA TERBAIK SE TULUNGAGUNG *sombong2 banyaaaaak,muahahahahahaha*

Nah,disitulah awal aku sadar kalau masku penuh pengorbanan. So sweet

Waktu kelas 2 SMA,di bilang gini

“lihat dek,aku seperti ini, berjuang buat kamu dan ibuk. Aku sudah harus memikirkan bagaimana kita nanti jika ibuk sudah gak kerja. Karena aku yang akan bertanggung jawab atas keberhasilanmu dan ibuk.”

Aku ngrasa masku sudah tambah dewasa. Mungkin keadaan yang memaksanya seperti itu. Atau mungkin kesadarannya akan tanggung jawab yang besar. *ayo lanjutin ceritanyaaaaaa*

Nah,akhirnya masku lulus SMA tahun 2009. Terus dia pulang pergi Surabaya – Tulungagung untuk tes ini itu. Aku masih inget raut mukanya yang stress gara – gara tes ini itu. Mungkin karena kata – kata ibuku ya

“inget ya le,kamu gak akan sekolah kalau kamu gak dapet PTN”

Jadi deh dia terpcu dan semangatnya semakin membara kayak bugendoramon(apa sih -.-). Sampai2 aku terkena dampak yang mendalam(lebai).

Aku jadi sering disuruh ke warnet buat lihat syarat tes ini itu,lihat peluangnya,dll. Tapi gak papa,sambil menyelam minum air. Sambil lihat sayarat, facebook jalan terus,muahahahahahaha(the devil is laughing)

Akhirnya dating hari – hari pengumuman(JENG..JENG..JENG..JENG..efek music)

Pertama ,datang surat dari ITS yang menyatakan bahwa masku diterima di Teknik Informatika(nduewooooooooo). Mas ku jingkrak – jingkrak, ibukku telpon sini sana ngabari kerabat terdekat,aku biasa aja dan kucingku wajahnya bosan hidup(beleh aja gimana?)

Kedua,setelah melalui proses tes yang sangat panjang.bolak balik Surabaya – Sidoarjo,sampai muntah – muntah gara – gara keracunan,pulang sampai malem,akhirnya ada pengumuman yang menyatakan bahwa masku diterima di PLN.(luwih ndewoooooo)
Setelah datang kedua tawaran diatas,masku menimbang – nimbang dengan timbangan(yo gak lah)

Akhirnya dengan tidak berat hati,masku memilih ITS(selamat ya ITS,sudah terpilih ;)).

Setelah menjalani hari hari di ITS,raut wajahnya semakin suram karena kuliahnya susah katanya. Ibukku yang awalnya bangga karena mas berhasil masuk dengan biaya paling murah ikut kasihan. Akhirnya datang cahaya berkah yang menyelamatkan masku~lebai
Datang pengumuman yang menyatakan bahwa masku diterima di STAN Jakarta(subhanallah..oke mas aku ngaku kalah). Dari 88.000 pendaftar yang diterima adalah 2000.

Akhirnya,masku meninggalkan ITS yang telah menjadi belahan hatinya selama ini.hiks..
Waktu aku Tanya kenapa,jawabnya singkat

“aku memilih sekolah yang sudah pasti kerja dek,aku mau sehabis kuliah langsung kerja dan bisa bantu ibuk nyekolahin kamu.”

Ya ampun,so sweet bangeeeeeeeeeeeet
Jadi tidak salah kalu masku adalah sumber inspirasiku. Dia rela meninggalkan sekolah yang selama ini dia idam – idamkan untuk masa depan keluarganya. Dia tetap berjuang walau jauh dari orang tua. Dia telah berhasil membuat ibukku bangga. Dan itulah yang selalu mengutkan aku. Aku juga ingin seperti dia,bahkan aku ingin lebih*dasar manusia tidak pernah puas*

nah,masku yang paling tengah
ganteng kan,ada yang mau? *kayak barang aja ditawarin*