Pages

Friday, February 18, 2011

maaf

mungkin hanya kata maaf  yang mampu aku sampaikan

aku tidak tahu apa ini benar atau malah prasangka ku saja.
kita berbeda,kita tak sama,kita BERUBAH

kita memang masih dalam satu sekolah. kita masih dapat bertemu dan menyapa. Tapi,aku merasa kita jauh. kita tak lagi mempunyai ikatan batin yang dekat.Kita telah menemukan dunia kita masing masing

Telah banyak yang berubah memang. Dua temanku Isol dan Limpat,telah menjadi bagian yang berpengaruh di SMALA. begitu pula yang lain.aku tak menyangka, tapi inilah kami saat ini. kami telah menemukan jalan kami masing masing.

wahai kawan,aku rindu. rindu saat saat penantian kita akan hal yang sangat menentukan nasib kita,UNAS. Aku rindu saat kita semakin dekat karena kita tak ingin kehilangan. Aku rindu saat kita menangis bersama,kepanasan bersama,saling menguatkan dan melakukan hal hal aneh bersama.

dan aku pun sadar,setiap hal pasti bermasa. ada kalanya aku dapat berkumpul dengan kalian dan mungkin saat ini adalah waktuku untuk tak lagi berkumpul dengan kalian

Tidak! Mungkin bukan mereka yang berubah! mungkin aku lah yang terlalu banyak berubah. Sampai sampai sahabat sahabatku tak lagi nyaman ada di sampingku. Atau mungkin aku terlalu memegang teguh ideologiku,sehingga kami tak sefaham lagi.

bagi siapa saja yang merasa terluka dengan sifat yang aku miliki saat ini,aku minta maaf. Aku tidak tahu kenapa aku bisa seperti ini. Jujur aku merasa salah. Tapi saat ini,inilah yang aku anggap benar. karena inilah jalan yang aku pilih sekarang

wahai kawan,maafkan aku. Aku menyanyangi kalian. Sangat sayang

aku rindu saat seperti ini,sangat rindu :(

Thursday, February 17, 2011

Back to nature

jika mendengar kata back to nature, selalu ingat dengan game harvest moon,hahahaha
game yang selalu ingin aku tamatkan

kelasku punya hobi baru,yakni nggeos(sebenernya sih nggowes) atau bersepeda.
jadi dua hari ini yaitu hari selasa dan rabu,kelas X smala diliburkaaaaaaaaan,nah aku pingin membangkitkan hal hal yang telah mati dari zaman SD yakni naik sepeda keliling kota.

selasa,15 Februari 2011
pakai seragam spensix,aku berangkat dari rumah jam setengah enam pagi. sudah terlalu siang untuk menggeos,tapi tak apalah..
aku ingion coba,seberapa jauh rumahku ke smala dengan sepeda ontel. jadi dengan semangat 45 aku ngontel ke smala. jalannya lewat bungkul terus ke basuki rahmat, dan akhirnya smala yang awalnya terasa jauh dapat aku taklukkan

apik to pedahku

nah,berhubung sudah sangat kangen sama SPENSIX, niat awal yang mau ke ITS,berubah jadi mampir ke SPENSIX. disitu aku minta difoto,wkwkwkwkwk. 
sampai di SPENSIX,aku menuju ruang kelasku di lantai 3,ruang kelas yang penuh kenangan :'D

karena sudah siang, aku memutuskan untuk pulang dan gak jadi sepedaan ke ITS. lewat taman bungkul lagi. masih dipenuhi banyak orang. Nah,karena juga sudah lama gak lewat SD,aku mampir SD deh..





lalu,menelusuri jalan jalan sempit tempat aku main delik delikan dulu waktu SD .dan akhirnya sampailah aku di TK





hahahaha,jadi ceritanya hari ini aku keliling keliling tempat dimana aku mengenyam pendidikan. gak kerasa,udah tua rupanya. udah SMA ,hahahahahaha :DD









tangis


Ketika ada seorang disekitarku yang menangis,aku selalu ingin berkata bahawa Hidup ini terlalu indah untuk ditangisi.

Memang,hidup ini terlalu indah. Bahkan untuk sejenak mengerti perasaan orang lain. Mungkin kata kataku memang mudah untuk dilontarkan. Toh pada kenyataannnya aku juga sulit untuk mengerem diriku sendiri untuk tidak menangis.

Ini adalah tentang aku. Tentang aku yang lemah. 

Kadang aku membenci diriku sendiri. Disaat aku benar benar dalam keadaan sulit,aku selalu ingin semua orang mendengar ceritaku. Mendengar keluh kesah ku. Bahkan aku tak memberikan mereka kesempatan untuk sekedar bertanya. Aku terus bercerita seolah olah hal tersebut akan membuat mereka empati kepadaku.

Namun ketika orang lain dalam keadaan yang sulit,aku bukanlah pendengar yang baik. Aku tidak bisa mengatakan hal hal yang akan menguatkan mereka. Aku tak pandai merangkai kata untuk membesarkan hati mereka. Dan aku hanya bisa duduk,mendengar dan tidak berkata apa apa.

Aku ingin, ingin menjadi seseorang yang dapat menguatkan orang lain. Aku ingin,ingin seseorang merasa nyaman jika bercerita kepadaku.

Namun inilah aku. Inilah kekurangan yang aku miliki. Dan pada akhirnya aku sadar bahwa setiap manusia diciptakan dengan karakter yang berbeda. Adalah mereka yang puitis yang mampu melakukan hal hal yang ingin ku lakukan tersebut.

Saat ini,adalah cukup bagiku untuk dapat mendengar. Belajar mengerti perasaan mereka. Belajar peka terhadap apa yang merek rasakan. Dan belajar mendengar kata hati mereka

Pelajaran di koridor kelas XI


Hidup
Apa hidup itu?

Kata sebagian orang hidup itu indah,penuh warna dan keajaiban
Kata sebagian yang lain,hidup itu kelam dan penuh cobaan

Seindah atau sejelek apapun hidup,hidup tetap terdefinisi oleh satu kata. Yakni ANUGRAH. Ya,hidup adalah anugrah.


“jika diuraikan kembali,hidup ini bagaikan sebuah cerita dalam sinetron dengan orang orang yang berlalu lalang didalamnya”

Hari ini,aku kembali belajar mengenai kehidupan
Aku berjalan dikoridor itu. Koridor yang dipenuhi oleh teman temanku. Aku bertemu dengan salah seorang temanku,Danissa. Aku mengajaknya menuju Perpustakaan. Kami pun membuka computer di ruang yang dipenuhi buku tersebut. Mulai bermain facebook dan blog.

Pukul setengah tiga

Kami diusir dari perpustakaan karena penjaganya mau pulang. Danissa mengantarku kembali ke kelas untuk mengambil tas. Lalu kami duduk di koridor kelas XI dan memulai pembicaraan.
Kali ini,hal yang kami bicarakan cukup penting. Setelah lama mengenalnya,aku baru pertama kali ini membicarakan hal yang penting dengannya. Ini adalah tentang kami,tentang hidup kami,tentang orang orang disekitar kami dan tentang masa depan kami.

Aku bercerita tentang masa sulitku. Ketika aku melakukan hal yang pada akhirnya menyusahkan diriku sendiri. Air mata mulai jatuh dari mataku. Aku hanya bisa termenung ketika Danissa mulai melontarkan beribu ribu kata untuk menguatkan aku. Ia meyakinkan ku bahwa yang aku lakukan tak boleh untuk disesali karena hal itulah yang terbaik.
Dan kali ini,aku bercerita mengenai hal lain yang membuatku lebih menangis. Dan tetap sama,dia memukul pundakku seraya berkata “Hanya orang orang yang kuat yang akan diberika cobaan seperti ini”

Hal itulah yang menusukku. Yang menyadarkanku untuk bersyukur bahwa Allah menginginkan aku menjadi seorang yang kuat,bahwa Allah masih sangat menyayangiku sehingga aku diberikan cobaan seperti ini.
Air mataku mulai kering. Dan kami mulai bercerita kembali. Kali ini adalah tentang Danissa. Tentang dia yang belum aku ketahui. Seperti apa yang telah dia lakukan,aku berusaha menguatkannya. Merusaha memilih kata terbaik untuk membesarkan hatinya.

Dan hari ini aku sadar,setiap manusia memiliki cobaannya masing masing. Setiap insane memiliki cerita sendiri sendiri. Baik buruknya, indah tidaknya, ini semua hanya didasarkan pada satu hal. Yakni bagaimana cara kita memandang hidup tersebut. Seberat apapun cobaan itu,jika kita memandangnya sebagai hal yang akan membuat kita menjadi insan yang lebih baik,InsyaAllah ujian itu akan mudah untuk dilewati.

“Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat”

Monday, February 14, 2011

Dentin 2011, Allahu Akbar !!


Minggu,13 Februari 2011




“besok datang disana jam setengah tujuh pas,awas sampe telat!” jare helmi
“halaaaaaaaaaaaah..isuk’e,paleng pleng yo molor

Hari ini,aku datang pagi pagi untuk semifinal Dentin 2011 di FKG Unair. Sek ngantuk,efek gak bisa tidur mikirin soalnya hari ini ditambah lagi gak belajar. Sebenernya menurutku kelompokku bisa lolos ke semi final ini gara gara keberuntungan. Padahal kami,aku,dedy,helmi masih kelas X dan materi yang kami kuasai belum seberapa. Jadi sebenernya kami udah siap siap kalah di babak semi final ini.
Jam setengah tujuh, udara yang dingin membuat semakin ngantuk.. FKG itu keren juga. Udaranya sejuk.

Di depan gedungnya udah ada mbak mbak yang jaga buat registrasi
“nomer berapa dek ?”
“13 mbak”
“ini dipake waktu rely ya dek,gak boleh hilang. Trus hp dan kalkulator harap dititipkan ke panitia ya dek”
“iya mbak”
“tanda tangan dulu dek”
Waktu tanda tangan,aku lihat daftar sekolah yang jadi rivalku di babak ini.
Dan ternyata, sekolahku jadi satu satunya SMA Negeri di Surabaya yang lolos. Weee *bangga*
Aku lihat ada tulisan Saint Louis,Petra,SBBS,SMAN1 Blitar pokok’e ndewo kabeh pesaing’e. firasat kalah sudah semakin besar
Habis registrasi,langsung ke mushola. Terus jam 7.20, kami masuk ke gedung fakultas buat TM. Ruangannya gede,mirip ruang kelasku. Bangkunya kayak bioskop juga,dan yang penting ruangannya adem
“ya dek,disini kami akan bacakan peratutrannya bla..bla..bla…”
Setelah mbaknya selesai menerangkan,kami mulai bermain di babak ini. Jadi peraturannya,babak ini terdiri dari pos pos yang jumlahnya ada 10 pos. naah,di pos pos itu kami harus jawab soal soal yang tersedia.
Pos pertama
Sebelah barat gedung FKG
“selamat datang ya dek,disini kami menyediakan 15 soal kimia berupa TTS yang dikerjakan dalam waktu 15 menit,ya bisa dimulai dari sekarang”
Modyaaaaaaaaaaaar aku… sorry kawan kawan aku gak sinau tentang iki. Karena kimia bagianku,otomatis aku yang bertanggung jawab dalam pos ini. Suwi soale mek tak delok tok. Akhirnya ada satu soal yang bisa aku jawab. Akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..
“nyerah ma? Yawes,berhenti aja. Gak usah ngoyo” kata Dedy
Ya karena jika dipikir terlalu lama tidak akan ketemu jawabanya dan hanya buang buang waktu,aku milih nyerah. Alhasil kami meninggalkan pos ini dengan satu jawaban , maaaaaaaaaaaf kawaaaan

Pos kedua
“ayo adek adek bisa ditunjukkan jargonnya”
“ha?jargon”
“yawes,ngarang ae”
Setelah berdiskusi,kami menampilkan jargon kami
“satu..dua….SMALA!!!”(helmi)
“wenak eh…”(dedy dan aku)
“prok prok prok prok”
Ancen arek smala iki gak kreatif blas, aku dengerin jargonnya kelompok lain yang lebih bagus,muinder rasane…
Di pos ini,kami mengidentifikasi gigi yang jumlahnya ada lima. Saatnya helmi yang tersiksa,,,
“he ma, bukaken mulutmu. Aku mau lihat gigimu buat nentuin jawabannya”
“leh,lapo kok aku? Dedy ae lho”
“dedy kawaten,angel dilihat”
Akhirnya aku mengorbankan mulutku untuk disamakan dengan gigi soal.
Pos tiga
Lah..nang kene,awak dewe kudu gawe bahasa inggris.
Soalnya tentang biologi 2 map. Map pertama dibuka.. soale inggrisan kabeh.
“mik,kamu ngerjain yang map ini, map yang laen biar aku sama dedy yang ngerjain”
“oke..suwun
Aku baca soal pertama dan langsung gak nyambung
opo se iki ded? Perasaan nang materine SMA gak onok..”
emboh..aku yo gak jelas” masyaAllah..dedy sing pinter ngono  gak eroh,opo maneh aku
“gimana mik? Wes mari?”
jek akeh iki,bantuen aku sisan..he ma,keton iku sakjane opo se?”
“keton iku yo bla bla bla….”
Setelah aku jelaskan panjang lebar…
mudeng?”
“gak” glodak…
Ya.. pada akhirnya kami hanya mampu menjawab 6 soal dari total 10 soal

Pos keempat
Saatnya dedy tersiksa…
“nah,adek adek,mbak akan meragakan suato soal fisika. Nanti adek tulis jawabanya disini ya”
Setelah diperagakan.. dedy pun mulai tersiksa
“hm..tekanan,,tekanan…” jare dedy
Gak tega lihat mukanya, bener bener tersiksa
“he ,kira kira kenapa ya jarumnya tadi gak boleh nempel di tabung?” jare dedy
Dedy ae gak eroh,opo maneh aku
“kayaknya biar gak terlalu banyak yang terserap deh ded, ini pelajaran fluida”
Yaweslah,Dedy pasrah..kami melanjutkan perjalanan
Pos kelima
“selamat datang ya dek,silahkan jargonnya”
Jargon
“disini kalian nyante nyante aja,karena ini pos istirahat”
Di pos ini,kami dapet makan dan boleh maen PS.
“adek adek ini kelas berapa?”
“kelas X mas..” dengan wajah polos
“wah..hebat ya kelas X bisa lolos ke semi final, padahal yang ke pos ini tadi,rata rata kelas 2 atau 3. SMALA emang keren”
Batinku mas, sawangane tok mas ndewo,asline..
“nah dek,kalian harus foto dulu. Terserah gayanya gimana pokoknya harus ekspresif..ini nanti juga dinilai”
Akhirnya kami foto dengan gaya dorong mobil,sayang gak due fotone
Pos enam
Soal soal biologi, helmi tersiksa
Pos tujuh
Soal soal kimia,aku matek
Pos delapan
Mencocokkan alat alat bedah mulut,lumayan gampang
Pos Sembilan
“you have to say in English only! If you break the rule,we will punish you”
So,in this pos,we say in English only
Pokok’e grammarku gak karuan pas iku. Mboh artine opo,tak omongno ae
Pos sepuluh
Soal fisika,kimia,biologi
Dedy,aku,helmi muateeeeeeeeek
Kimianya Cuma bisa tak jawab 2, sediiih pek…

Pos tambahan
Di pos ini kami harus menebak clue dari kertas kertas yang dikasih di pos pos sebelumnya dengan cara dibakar. Walaupun kami selesai dengan cepat,tapi jawannya salah alias gak sesuai.

“ya adek adek..silahkan kembali ke ruang TM tadi”
Di ruang ini,kami dikasih makan siang. Aku,dedy,helmi udah bener bener ikhlas kalau gak lolos
“udah..gak papa ya..ilmu kita masih dikit,,taun depan ikut lagi “ hibur Dedy
Sambil nunggu pengumumannya,peserta diharuskan berkenalan dengan peserta lain. Aku,dedy,helmi yang masih anak anak dan gak tau malu ini,keliling liling ruangan kenalan sama peserta lain.
Eng..ing..eng…
Ya ini nama peserta yang lolos ke babak selanjutnya,silahkan dilihat pada layar
Daaaaaaaaaaan..benar. kelompokku tidak lolos. Yang lolos 2 dari petra,1 dari blitar,1 dari SBBS,dan 1 lagi lupa dari mana.
“oke..taun depan kita coba lagi..belajar yang bener pokoknya” kata helmi
Well,maafin aku teman teman,aku gak jadi bawa piala ke SMALA. Tapi bagusnya,kita gak jadi upacara kan gara gara aku gak menang,hehehe
I’m promise,I’ll study hard again to prepare for the next year,wish us luck friends :DD


Thursday, February 10, 2011

Aku selalu ingin..

Assalamu'alaikum

Betapa besar Kuasa Allah S.W.T
Allah menciptakan mata, agar kita melihat betapa indahnya dunia ini
Allah menciptakan rasa, agar kita mampu merasakan indahnya hidup ini
dan Allah menciptakan akal, agar kita mampu membuat hal-hal indah di kehidupan ini

Subhanallah..
Allah memberiku kesempatan untuk melihat hal yang indah
Allah memberiku rasa agar aku mampu memilih

termasuk melihat dan memilih tempat tempat yang ingin ku kunjungi...

Ka'bah,Mekkah


aku selalu ingin, ingin mengajak orang tuaku menuju tempat ini. memohon syukur pada Allah di tempat ini, memohon ampun dan berkumpul dengan ribuan muslim lainnya. aku ingin merasakan betapa kecilnya aku diantara beribu ribu orang yang juga mencari ridho Allah. Dan aku selalu ingin menangis di tempat ini

Tokyo Tower,Jepang




aku selalu ingin,selalu ingin mengunjungi negara ini. ingin menimba ilmu di negeri sakura ini. aku ingin berdiri di tempat itu. melihat sekeliling kota Tokyo. aku ingin menghabiskan musim dingin di negeri itu. negeri yang membuatku mempelajari bahasanya


London

london.. london.. ingin ku ke sana
aku selalu ingin, ingin membuka mataku pada pagi hari yang cerah di london. berkeliling kota dengan bersepeda. membawa kamera dan memotret apa yang ingin aku abadikan


Italia
aku selalu ingin, ingin menaiki ujung tertinggi. naik sekuter berkeliling kota. naik perahu kecil dengan orang bernyanyi di dalamnya

Rusia

aku selalu ingin, ingin makan permen yang bentuknya sama dengan kubah bangunan ini. ingin merasakan dinginnya musim dingin di negara ini


dan aku selalu ingin, ingin terus berjanji untuk menjadikan diriku sendiri seorang yang kuat. dan aku berjanji untuk terus berusaha mewujudkan apa yang aku inginkan walau kemungkinannya hampir 0 :DD