Skip to main content

Dentin 2011, Allahu Akbar !!


Minggu,13 Februari 2011




“besok datang disana jam setengah tujuh pas,awas sampe telat!” jare helmi
“halaaaaaaaaaaaah..isuk’e,paleng pleng yo molor

Hari ini,aku datang pagi pagi untuk semifinal Dentin 2011 di FKG Unair. Sek ngantuk,efek gak bisa tidur mikirin soalnya hari ini ditambah lagi gak belajar. Sebenernya menurutku kelompokku bisa lolos ke semi final ini gara gara keberuntungan. Padahal kami,aku,dedy,helmi masih kelas X dan materi yang kami kuasai belum seberapa. Jadi sebenernya kami udah siap siap kalah di babak semi final ini.
Jam setengah tujuh, udara yang dingin membuat semakin ngantuk.. FKG itu keren juga. Udaranya sejuk.

Di depan gedungnya udah ada mbak mbak yang jaga buat registrasi
“nomer berapa dek ?”
“13 mbak”
“ini dipake waktu rely ya dek,gak boleh hilang. Trus hp dan kalkulator harap dititipkan ke panitia ya dek”
“iya mbak”
“tanda tangan dulu dek”
Waktu tanda tangan,aku lihat daftar sekolah yang jadi rivalku di babak ini.
Dan ternyata, sekolahku jadi satu satunya SMA Negeri di Surabaya yang lolos. Weee *bangga*
Aku lihat ada tulisan Saint Louis,Petra,SBBS,SMAN1 Blitar pokok’e ndewo kabeh pesaing’e. firasat kalah sudah semakin besar
Habis registrasi,langsung ke mushola. Terus jam 7.20, kami masuk ke gedung fakultas buat TM. Ruangannya gede,mirip ruang kelasku. Bangkunya kayak bioskop juga,dan yang penting ruangannya adem
“ya dek,disini kami akan bacakan peratutrannya bla..bla..bla…”
Setelah mbaknya selesai menerangkan,kami mulai bermain di babak ini. Jadi peraturannya,babak ini terdiri dari pos pos yang jumlahnya ada 10 pos. naah,di pos pos itu kami harus jawab soal soal yang tersedia.
Pos pertama
Sebelah barat gedung FKG
“selamat datang ya dek,disini kami menyediakan 15 soal kimia berupa TTS yang dikerjakan dalam waktu 15 menit,ya bisa dimulai dari sekarang”
Modyaaaaaaaaaaaar aku… sorry kawan kawan aku gak sinau tentang iki. Karena kimia bagianku,otomatis aku yang bertanggung jawab dalam pos ini. Suwi soale mek tak delok tok. Akhirnya ada satu soal yang bisa aku jawab. Akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..
“nyerah ma? Yawes,berhenti aja. Gak usah ngoyo” kata Dedy
Ya karena jika dipikir terlalu lama tidak akan ketemu jawabanya dan hanya buang buang waktu,aku milih nyerah. Alhasil kami meninggalkan pos ini dengan satu jawaban , maaaaaaaaaaaf kawaaaan

Pos kedua
“ayo adek adek bisa ditunjukkan jargonnya”
“ha?jargon”
“yawes,ngarang ae”
Setelah berdiskusi,kami menampilkan jargon kami
“satu..dua….SMALA!!!”(helmi)
“wenak eh…”(dedy dan aku)
“prok prok prok prok”
Ancen arek smala iki gak kreatif blas, aku dengerin jargonnya kelompok lain yang lebih bagus,muinder rasane…
Di pos ini,kami mengidentifikasi gigi yang jumlahnya ada lima. Saatnya helmi yang tersiksa,,,
“he ma, bukaken mulutmu. Aku mau lihat gigimu buat nentuin jawabannya”
“leh,lapo kok aku? Dedy ae lho”
“dedy kawaten,angel dilihat”
Akhirnya aku mengorbankan mulutku untuk disamakan dengan gigi soal.
Pos tiga
Lah..nang kene,awak dewe kudu gawe bahasa inggris.
Soalnya tentang biologi 2 map. Map pertama dibuka.. soale inggrisan kabeh.
“mik,kamu ngerjain yang map ini, map yang laen biar aku sama dedy yang ngerjain”
“oke..suwun
Aku baca soal pertama dan langsung gak nyambung
opo se iki ded? Perasaan nang materine SMA gak onok..”
emboh..aku yo gak jelas” masyaAllah..dedy sing pinter ngono  gak eroh,opo maneh aku
“gimana mik? Wes mari?”
jek akeh iki,bantuen aku sisan..he ma,keton iku sakjane opo se?”
“keton iku yo bla bla bla….”
Setelah aku jelaskan panjang lebar…
mudeng?”
“gak” glodak…
Ya.. pada akhirnya kami hanya mampu menjawab 6 soal dari total 10 soal

Pos keempat
Saatnya dedy tersiksa…
“nah,adek adek,mbak akan meragakan suato soal fisika. Nanti adek tulis jawabanya disini ya”
Setelah diperagakan.. dedy pun mulai tersiksa
“hm..tekanan,,tekanan…” jare dedy
Gak tega lihat mukanya, bener bener tersiksa
“he ,kira kira kenapa ya jarumnya tadi gak boleh nempel di tabung?” jare dedy
Dedy ae gak eroh,opo maneh aku
“kayaknya biar gak terlalu banyak yang terserap deh ded, ini pelajaran fluida”
Yaweslah,Dedy pasrah..kami melanjutkan perjalanan
Pos kelima
“selamat datang ya dek,silahkan jargonnya”
Jargon
“disini kalian nyante nyante aja,karena ini pos istirahat”
Di pos ini,kami dapet makan dan boleh maen PS.
“adek adek ini kelas berapa?”
“kelas X mas..” dengan wajah polos
“wah..hebat ya kelas X bisa lolos ke semi final, padahal yang ke pos ini tadi,rata rata kelas 2 atau 3. SMALA emang keren”
Batinku mas, sawangane tok mas ndewo,asline..
“nah dek,kalian harus foto dulu. Terserah gayanya gimana pokoknya harus ekspresif..ini nanti juga dinilai”
Akhirnya kami foto dengan gaya dorong mobil,sayang gak due fotone
Pos enam
Soal soal biologi, helmi tersiksa
Pos tujuh
Soal soal kimia,aku matek
Pos delapan
Mencocokkan alat alat bedah mulut,lumayan gampang
Pos Sembilan
“you have to say in English only! If you break the rule,we will punish you”
So,in this pos,we say in English only
Pokok’e grammarku gak karuan pas iku. Mboh artine opo,tak omongno ae
Pos sepuluh
Soal fisika,kimia,biologi
Dedy,aku,helmi muateeeeeeeeek
Kimianya Cuma bisa tak jawab 2, sediiih pek…

Pos tambahan
Di pos ini kami harus menebak clue dari kertas kertas yang dikasih di pos pos sebelumnya dengan cara dibakar. Walaupun kami selesai dengan cepat,tapi jawannya salah alias gak sesuai.

“ya adek adek..silahkan kembali ke ruang TM tadi”
Di ruang ini,kami dikasih makan siang. Aku,dedy,helmi udah bener bener ikhlas kalau gak lolos
“udah..gak papa ya..ilmu kita masih dikit,,taun depan ikut lagi “ hibur Dedy
Sambil nunggu pengumumannya,peserta diharuskan berkenalan dengan peserta lain. Aku,dedy,helmi yang masih anak anak dan gak tau malu ini,keliling liling ruangan kenalan sama peserta lain.
Eng..ing..eng…
Ya ini nama peserta yang lolos ke babak selanjutnya,silahkan dilihat pada layar
Daaaaaaaaaaan..benar. kelompokku tidak lolos. Yang lolos 2 dari petra,1 dari blitar,1 dari SBBS,dan 1 lagi lupa dari mana.
“oke..taun depan kita coba lagi..belajar yang bener pokoknya” kata helmi
Well,maafin aku teman teman,aku gak jadi bawa piala ke SMALA. Tapi bagusnya,kita gak jadi upacara kan gara gara aku gak menang,hehehe
I’m promise,I’ll study hard again to prepare for the next year,wish us luck friends :DD


Comments

Popular posts from this blog

Syahadat Mematahkan Salib Pendeta

Bismillahirahmanirahim
hari ini,30 desember 2012,di Masjid Al Falah Surabaya, aku menyaksikan kesaksian seorang mantan Pendeta yang menjadi muslim dan menjadi ustadz saat ini.

dimulai dengan video perdebatan mantan muslim dan mantan nasrani yang ha banget
lalu sebuah cerita nyata tentang saudara kita seorang yang baru masuk islam,ayahnya seorang hindu dan ibunya seorang aktivis gereja, ia ketahuan shalat malam oleh ayahnya,dan hari pertama seluruh alat shalatnya dibakar, tidak jera,ia kembali shalat, hari kedua rambutnya dipangkas oleh ayahnya,tak jera lagi,ia kembali shalat dan hari ketiga itulah ia diikat oleh rantai,hingga akhirnya meninggal dunia. adiknya yang juga ingin masuk Islam,lari ke masjid Al Falah dan melaporkan hal ini.
taukah kawan? jasad saudari kita ini di semayamkan di gereja lalu di bakar secara ngaben,namun, wajahnya (kepala) tak mampu terbakar,bahkan tergores pun tidak. hingga ayahnya jengkel dan membawanya ke guru agama Islam putrinya dan disanalah, kepalanya dik…

sakit

Setiap manusia pasti diuji
dan itu adalah pasti

mungkin ujian terberat adalah ketika diberi kemudahan
karena dengan kemudahan, kadang kala kita jadi mudah meremehkan orang lain

Allah sudah memerintahkan untuk berdoa
berdoa memohon yang terbaik

Kadangkala sebagai penonton, kita mudah mengatakan
"Sabar ya...insyaAllah ada jalan keluarnya"

Namun ketika kita sebagai pemain, kita seolah susah menerapkan kesabaran

ini adalah tahun kesekian bagiku untuk melewati ujian ini lagi
sakit. Yang tidak mudah untuk aku jelaskan

kondisiku menjadi berbeda dengan orang lain
dan terkadang aku merasa iri dengan mereka yang normal-normal saja

lalu aku tersadar, mungkin ini adalah jalan yang mudah bagiku untuk membuka pintu surga bernama "kesabaran"

iya. Kesabaran

Betapa banyak cerita tentang hamba Allah yang diuji berbagai hal dan sabar dan mereka menjadi terangkat derajatnya dihadapan Allah.

sakit. Tidak apa-apa.
aku memang kurang normal jika dibandingkan orang lain
tetapi itu berarti …

Jogjakarta

Alhamdulillah sedah pulang..
habis dari Jogjakarta
kemana aja?

ceritanya habis konser Sheila On 7 yang pulang malam malam dan membuat aku dimarahin mas
besoknya ambil rapot langsung tancap gas ke jogja
sampai jogja jam 4 pagi dan shalat subuh distasiun tugu
tapi bukan berarti naik kereta ini, karena di Jogja ga ada saudara,jadi bakal ribet kalau mau kemana mana,makanya kami naik mobil.

selepas stasiun yang uapik dan bersih banget, langsung meluncur ke UGM
liat masjid,makan,belanja
terus menuju ke Keraton Jogjakarta samapi mules
akhirnya kesampaian juga ke Borobudur yabg ruamee
terakhir sampai di Malioboro selepas Isya'

Jogja keren banget :DD
Subhanallah
mesti gini ya kalau habis keluar surabaya
sadar kalau di Indonesia buanyak banget tempat yang bagus dan keren
jadi kenapa harus keluar negeri kalau di negeri sendiri keajaibannya luar biasa?