Gus Dur

aku ingin selalu ingin tahu dan ingin hidup di masa lalu
seperti ketika melihat film tentang G30S PKI, pulang pulang langsung tanya Ibu dan pingin melihat sendiri kejadiannya
entahlah aku yang lebai sama nasionalisme atau apa
tapi aku hanya miris aja, kenapa banyak pemuda yang gak bangga sama sejarahnya, kenapa malah milih nongkrong,ngerokok,pacaran,(mohon maaf) boyband an daripada mikirin gimana nasibnya Indonesia mendatang,mikirin gimana caranya biar gak ketinggalan sama bangsa lain atau hal hal lain yang memperkuat nasionalsime
idealis? yes, I am
emang sih, kata ini udah jarang banget dikalangan pemuda kayak aku. Nasionalisme.yaudah bahas yang satu ini dulu ya

kali ini tentang bapak pesanten kita

Abdurrahman Wahid

Kabinet yang di bentuk oleh Gus Dur ini disebut Kabinet Persatuan Indonesia
saat itu memang banyak kontroversi seperti pembubaran Departemen Sosial dan Departemen Penerangan
tapi memang alasannya masuk akal, karena di DEPSOS banyak terjadi korupsi sedangkan di DEPPen disebut sebagai departemen penutup keburukan pemerintah. Ingat zaman suharto dimana pers di kekang? departemen ini bertugas menginformasikan hanya hal hal positif dari pemerintahan dan menutupi yang buruk,gak salah kalau saat itu rakyat gak banyak tahu tentang korupsi pemerintah

selain itu terjadi referndum di Aceh, hasilnya Aceh yang ingin merdeka diperbolehkan mengatur daerahnya dengan hukum Islam tapi tetap menjadi bagian dari Indonesia. Di Irian Jaya terjadi perubahan nama menjadi Papua dan diperbolehkan mengibarkan bendera bintang kejora di bawah bendera merah putih

Gus Dur ini disebut sebagai Bapak Kong Hu Chu Indonesia. karena di masanya, agama ini diakui dia Indonesia. bagus juga sih. karena dengan itu hubungan Indonesia dengan China yang punya economic power terjalin dengan baik.

Tapi dimasanya pluralisme dilegalkan
Hal ini memicu konflik horizontal karena masyarakat kita bukan masyarakat yang bebas
ada pencabutan tentan TAP MPR XXIX/1966 tentang larangan ajaran Marxisme dan Lennisme yang notabene adalah cikal bakal PKI,dengan alasan bahwa itu hanya ajaran dan bukan gerakan
akibatnya, terjadi peristiwa perselisihan antara suku Dayak dan Madura, pembakaran Gereja di Situbondo, Pembakaran Masjid di Ambon,dll..

Beliau juga membuka hubungan dengan Israel. padahal saat itu,banyak rakyat yang menentang Israel karena kekejammannya, namun Gus Dur memiliki maksud agar bangsa Indonesia berdamai dengan negeri manapun termasuk menjalin hubungan dengan Israel

pernah Beliau tersandung masalah bulogate yaitu dana pinjaman pada badan pangan dan bruneigate yaitu dana pinjaman dari sultan brunei untuk pembangunan Aceh yang tidak segera diberikan

Nah lengsernya beliau ini dikarenakan beliau memunculkan dekrit pembubaran DPR, karena tidak didukung banyak pihak, beliau yang akhirnya diturunkan darai jabatannya

apapun itu ya teman teman, yang namanya sejarah, baik buruknya harus kita ungkapkan, bukan mengungkap hal baik dan menutupi yang buruk, justru kalau seperti itu dari mana kita belajar?

Comments

Popular Posts